• Laman

  • Kategori

  • Arsip

Program Pembelajaran Matematika

Assalamu’alaikum WWbr.

Buat rekan-rekan ku sesama guru matematika dan semua peserta didik yang menggemari matematika. Pada saat ini saya baru belajar membuat Blog di WordPress dan hasil penulisan pertama ini, Saya kutip dari : http://mediapemb.blogspot.com/

1. Program Wingeon :

Program Wingeom merupakan suatu program aplikasi komputer yang dirancang untuk mendukung pembelajaran geometri, baik dimensi dua maupun dimensi tiga. Program ini dapat digunakan sebagai mindtools pada pembelajaran geometri, di mana peserta didik dapat menggunakannya untuk mengembangkan kerangka berpikir geometri dimensi. Dengan program Wingeom peserta didik dapat mengeksplorasi, mengamati, melakukan animasi bangun-bangun dan tampilan materi geometri dimensi. Program Wingeom diharapkan dapat membantu
memvisualisasikan suatu konsep geometri dengan jelas sehingga siswa akan lebih
mudah memahami konsep-konsep geometri.

Program Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan pemecahan masalah geometri.

Buku/Modul Penggunaan program Wingeon

    2. Program Winplot :

    Ada beberapa program grafik seperti Mathematica, MathCad, dan MathLab yang bisa dipakai dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi program tersebut tidak gratis, lebih besar memorynya dan lebih sulit untuk dipelajari. Winplot adalah suatu program yang diciptakan dan diproduksi oleh Richard Parris.  Program ini sangat mudah untuk diinstal atau dicopy dan tidak menghabiskan banyak tempat karena file program Winplot ini hanya berukuran sekitar 1,359 KB . Semua keterangan tentang cara-cara pengoperasian program Winplot dapat dilihat pada menu Help di mana diberikan informasi yang lengkap tentang cara kerja masing-masing menu yang ada pada program ini.

    Program Winplot ini dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi yang lengkap dengan sumbu-sumbu koordinatnya sehingga akan memudahkan peserta didik untuk menggambar grafik fungsi dan mengeksplorasi sifat-sifat grafik fungsi.

    Buku/Modul Penggunaan program Winplot

    Program Wingeom dan program Winplot merupakan program yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis (totally freeware ), dengan mengunduh (download) di sini :

    http://math.exeter.edu/rparris/

    Tinggalkan komentar